Wali Kota Gunungsitoli & Bunda Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli Membuka Acara Gebyar Kota Gunungsitoli Tahun 2024 -

Wali Kota Gunungsitoli & Bunda Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli Membuka Acara Gebyar Kota Gunungsitoli Tahun 2024

0

GUNUNGSITOLI, Suaralintasindonesia.com|| Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si dan Bunda Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli secara resmi membuka acara Gebyar Kota Gunungsitoli Tahun 2024, yang bertema JUMBARA (Jumpa Gembira Bersama Bunda ) bertempat di lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli, Rabu (18/9/2024).

 

Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan gebyar yang dilaksanakan hari ini dan mengharapkan setiap satuan pendidikan dapat menerapkan yang holistik integratif, dimana pola pendidikan anak tidak hanya menekankan aspek pengetahuan semata, tetapi juga mencakup aspek layanan pendidikan, layanan kesehatan gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan dan layanan kesejahteraan.

 

Kemudian Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa setiap anak harus memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana manfaatnya adalah melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, mencegah perdagangan anak, menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk, memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi di Kota Gunungsitoli, dengan kartu identitas anak akan mendapatkan discount saat berbelanja di UD. Harapan, potongan biaya masuk saat berkunjung di museum dan juga taman doa.

 

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Gunungsitoli menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak ( KIA ) kepada anak-anak dan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi Pelatihan Percepatan Penurunan Stunting bagi Pendidik di Kota Gunungsitoli.

 

Bunda PAUD Kota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan gebyar yang dilaksanakan hari ini dimana anak anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan, kreatifitas, bakat dan talenta yang mereka miliki dengan penuh semangat dan kebahagiaan, serta seluruh satuan melaksanakan kolaborasi untuk memeriahkan gebyar dengan antusias dan penuh semangat.

 

Untuk itu Bunda mengapresiasi seluruh rangkaian acara kegiatan yang sudah dipersiapkan sedemikian baiknya oleh satuan pendidikan yang ada di Kota Gunungsitoli serta sudah mengarahkan dan atau mempersiapkan anak anak untuk dapat mengekspresikan diri pada pelaksanaan kegiatan hari ini dan juga pada hari hari mendatang.

 

Bunda bangga dengan aksi terbaik anak anak hari ini yang mana merupakan bukti nyata anak anak di Kota Gunungsitoli adalah anak yang berpotensi, berbakat dan hebat.

Selanjutnya Bunda PAUD Kota Gunungsitoli juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membimbing dan mengarahkan anak anak bangsa untuk mengembangkan potensi serta mempersiapkan anak agar dapat menyesuaikan diri di lingkungan sekitarnya dan sekolahnya kelak.

 

Hal yang membuat pentingnya pendidikan anak usia dini yakni, memiliki metode yang sangat baik dalam melatih kemampuan motorik atau fisik anak, mengajarkan kepada anak bagaimana hidup dalam lingkungan, menghadapi masalah dan menemukan solusinya, cara berinteraksi yang baik dengan orang lain serta belajar bagaimana mengekspresikan imajinasi, emosi dan pemikirannya melalui tutur bahasa yang baik.

 

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, satuan pendidikan menyediakan layanan berkualitas dengan cara adanya proses pembelajaran yang baik, bermitra atau menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua, memilki tata kelola yang baik yaitu perencanaan dan data pokok pendidikan yang baik, memantau terpenuhinya kebutuhan esensial anak.

 

Bunda PAUD Kota Gunungsitoli mengharapkan dukungan dan motivasi penuh dari Pemerintah, orang tua, seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli serta BUMN, BUMD dan juga pelaku usaha yang ada di Kota Gunungsitoli.

Bunda PAUD Kota Gunungsitoli juga menyambut baik kegiatan pelatihan bagi guru dalam rangka percepatan penurunan stunting pada anak balita yang ada di Kota Gunungsitoli.

Pentingnya kegiatan ini adalah untuk membantu pendidik dan pengelola satuan pendidikan melaksanakan perannya secara efektif dalam upaya penurunan stunting di Kota Gunungsitoli ,” pungkas Bunda PAUD mengakhiri.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, M.Si menyampaikan laporannya bahwa Layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gunungsitoli baik Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Satuan Sejenis secara keseluruhan berjumlah 102 Lembaga dengan rincian sbb:

  1. Kecamatan Gunungsitoli : 34 Lembaga
  2. Kecamatan Gunungsitoli Selatan : 13 Lembaga
  3. Kecamatan Gunungsitoli Utara : 11 Lembaga
  4. Kecamatan Gunungsitoli Barat : 10 Lembaga
  5. Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa : 11 Lembaga
  6. Kecamatan Gunungsitoli Idanoi : 23 Lembaga
    Jumlah Pendidik se-Kota Gunungsitoli sebanyak 365 orang dan Jumlah Peserta Didik se-Kota Gunungsitoli sebanyak 4.487 orang.

Arham meneruskan laporannya, bahwa pada Tanggal 20 sd 24 September 2024 akan dilaksanakan Pelatihan Percepatan Penurunan Stunting bagi Pendidik yang bertujuan untuk melatih dan membimbing guru dalam mendampingi dan membimbing anak usia dini untuk pola hidup sehat dan gizi yang seimbang dalam menurunkan angka stunting di Kota Gunungsitoli.

Ditambahkannya bahwa dari Lima Pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting, terdapat satu kegiatan dari pilar kedua yang memposisikan Dinas Pendidikan sebagai pendukung dalam mencapai beberapa output diantaranya yaitu :

  1. Pendidikan dan pelatihan pengasuhan stimulasi penanganan stunting bagi guru
  2. Persentase desa/kelurahan yang memiliki guru terlatih pengasuhan stimulasi penanganan stunting
  3. Persentase lembaga yang mengembangkan PAUD Holistik Integratif (HI).
    Adapun kegiatan dari pilar kedua yang dimaksud adalah melakukan penguatan kapasitas institusi dalam komunikasi perubahan perilaku untuk penurunan stunting.

Turut hadir, Asisten Lingkup Setda Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Kabag, Camat se-Kota Gunungsitoli, Pimpinan BUMN, BUMD, dan Pelaku Usaha di Kota Gunungsitoli, Bunda PAUD Kecamatan se-Kota Gunungsitoli, Ketua IGTKI Kota Gunungsitoli, Korwas dan Pengawas TK Kota Gunungsitoli, Kepala Sekolah TK/PAUD se-Kota Gunungsitoli, dan hadirin lainnya. (Restu A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!