Mahasisiwa KKM 10 UNIBA Gali Potensi Keagamaan melalui program “Gebyar Anak Kilasah Sholeh” di Kelurahan Kilasah Kecamatan Kasemen -

Mahasisiwa KKM 10 UNIBA Gali Potensi Keagamaan melalui program “Gebyar Anak Kilasah Sholeh” di Kelurahan Kilasah Kecamatan Kasemen

0

 

Serang||Suaralintasindonesia.com – Minggu, 11 Agustus 2024, Lingkungan Kelurahan Kilasah kembali dibuat bangga dengan aksi sekelompok Mahasisiwa KKM kelompok 10 yang menggelar acara perlombaan di bidang agama. Program “ Gebyar Anak Kilasah Sholeh” itu bertujuan untuk menggali potensi, melatih rasa percaya diri dan meningkatkan semangat religius siswa-siswa Madrasah di Kelurahan Kilasah.

Melihat semangat warga Kilasah dalam menjunjung tinggi norma agama, nilai-nilai tradisi lokal, pengamalan ibadah, pengajian rutin, ziarah rutin, serta banyak didirikannya pesantren salafiah, serta dihuni para Kiyai, Ulama dan Ustadz, semakin membuat mahasisiwa KKM optimis menjalankan program yang dapat menggali dan mengembangkan potensi tersebut.

Program tersebut diyakini dapat mencetak bibit-bibit unggul agar generasi bintang tersebut tidak hanya eksis di lingkup kecil saja, melainkan harus bisa membentangkan sayap keahliannya di lingkup yang lebih luas.

Adapun kegiatan tersebut di adakan di salah satu Majlis Ta’lim Al- Aziz di lingkungan
Kampung Kilasah 3 yang biasa digunakan untuk pengajian rutin warga. Perlombaan siswa-siswa madrasah berlangsung selama 4 jam, mulai dari registrasi peserta, acara pembukaan, acara inti perlombaan dan penjurian, serta pengumuman pemenang lalu penutup.

Adapun peserta seluruhnya berjumlah 30 siswa yang terdiri dari lima madrasah di Kelurahan Kilasah. Masing-masing peserta mengikuti cabang lomba yang berbeda, di antaranya lomba hafalan Surah (Juz 30), pildacil (ceramah anak-anak), lomba adzan dan Kaligrafi. Setiap mata lomba memiliki kriteria penilaian yang sudah ditentukan oleh juri.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan meriah, hingga pengumuman pemenang dengan pemberian trophy yang membanggakan.

“Kami selaku guru Madrasah sangat semangat mengutus siswa-siswi kami dalam
perlombaan, ini pertama kali kami mengikut sertakan murid-murid kami mengikuti lomba, alhmdulillah meskipun masih sedikit gugup, tapi bisa terlewati dengan lancar, tidak menyangka kami berhasil membawa piala dari setiap cabang lombanya, semoga tahun depan bisa diadakan kembali acara ini, supaya anak-anak kami makin semangat,” pungkas Suheili, Ustadz di salah satu Madrasah di Kilasah.

Ungkapan tersebut mencerminkan bahwa anak-anak Kilasah sebetulnya sangat potensial dna berbakat terutama dalam bidang keagamaan karena didukung oleh faktor keluarga dan lingkungan masyarakatnya, hanya saja kurang ada wadah yang bisa mengasah bakat mereka untuk dikembangkan.
Antusiasme peserta yang tak terduga membuat Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang
hadir dalam acara tersebut berdecak kagum dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada peserta dan guru yang turut mendampingi siswa-siswinya,“

Baca Juga :

https://jelajahlintasindonesia.com/2024/08/04/mahasiswa-kkm-10-uniba-atasi-masalah-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-di-kelurahan-kilasah-kecamatan-kasemen/

Awalnya program ini tidak berekspektasi semeriah ini, karena ide disalurkan dengan waktu yang singkat, persiapan hanya satu pekan, karena kami juga masih menyelesiakan program lainnya. Saya sangat mengapresiasi kepada guru, peserta lomba di Kilasah, serta kawan-kawan mahasiswa kelompok 10 yang sukses mengadakan acara ini tanpa ada hambatan yang berarti, semoga tujuan kami mengagas program ini dapat tercapai,” tutur Ulinnuha, Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 10.

Tokoh masyarakat serta Lurah Kilasah selalu mendukung penuh setiap program yang
diadakan mahasiswa KKM kelompok 10, selagi tidak melanggar etika, norma dan adat istiadat di Kelurahan Kilasah, harus positif, memberikan perubahan yang baik untuk masyarakat, dan berdampak besar dalam pengembangan sumber daya manusia warga Kilasah di segala usia. Sehingga tradisi keagmaan di Kilasah tetap terjaga, lestari dan senantiasa memberikan manfaat untuk kehidupan manusia dalam berbangsa dan bernegara. Maka sesuai dengan nama program “ Gebyar Anak Kilasah Sholeh” maka cita-cita menjadikan anak-anak Kilasah menjadi generasi yang Sholeh dna sholehah dapat terwujud secara nyata.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!