Totalitas Mengabdi! Mahasiswa KKM 10 UNIBA Dorong Gerobak Literasi ke SDN Kilasah -

Totalitas Mengabdi! Mahasiswa KKM 10 UNIBA Dorong Gerobak Literasi ke SDN Kilasah

0

 

Kota Serang || Suaralintasindonesia.com – Kamis, 25 Juli 2024, Warga SDN Kilasah, Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen digemparkan dengan mahasiswa KKM 10 yang mendorong gerobak menerobos gerbang sekolah. Lantas para siswa menyambut antusias dan berlari menyerbu. Ternyata kunjungan tersebut telah lama direncanakan sekelompok mahasiswa KKM tersebut dalam menjalankan salah satu program kerja pengabdian mereka di bidang pendidikan. Kamis (25/07/2024).

Gerobak tersebut ternyata berisi koleksi buku bacaan anak yang berhasil dikumpulkan atas kerjasama kelompok. Seperti yang diketahu bahwa minimnya minat baca generasi bangsa kini sangat rendah di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen Kota Serang.

Berdasarkan pengamatan tersebut mahasiswa KKM 10 Universitas Bina Bangsa tak ragu untuk menggagas sebuah program yang dapat meningkatkan minat baca penerus bangsa.

Baca Juga :

https://suaralintasindonesia.com/2024/07/24/kkn-7-mahasiswa-universitas-buana-perjuangan-karawang-adakan-kegiatan-sosialisasi-kepada-guru-dan-murid-sekolah-dasar-negri-cipondoh-1-desa-cipondoh-memiliki-4-dusun-dan-kampung-sosialisasi-ini-didamp/
Agenda kunjungan ke sekolah tersebut telah dirancang secara matang. Diawali dengan menyapa para siswa, memberikan motivasi akan pentingnya berliterasi (budaya membaca) di usia sekolah dasar. Selanjutnya kegiatan membaca buku yang dipandu secara tertib, dengan mengantre mereka bersemangat memilih buku bacaan yang mereka minati. Mulai dari genre komik, buku cerita Islami, dongeng legenda, cerita rakyat Nusantara, buku ensiklopedia, buku pengetahuan dan sebagainya. Didampingi oleh Finalis Duta Bahasa Provinsi (Rizky Nur Pratama) dan Agen Statistik Provinsi Banten (Rahuldi), yang merupakan mahasiswa KKM 10 UNIBA semakin menambah kesan prestisius untuk mewujudkan warga sekolah yang literat.

“Melihat siswa-siswi berebut buku bacaan, itu sangat luar biasa bangga, ternyata anak-anak
generasi alpa di perkampungan masih banyak yang suka buku dan membacanya.

“Alhmadulillah, program yang digagas ini dapat memberikan manfaat kepada adik-adik di SDN Kilasah, kami telah berhasil membuktikan rasa semangat mereka dalam membaca buku” tutur Ulinnuha, dosen pembimbing KKM Kelompok 10 pagi itu.

Pihak SDN Kilasah sangat terbuka dan mudah bekerjasama atas beberapa program yang dilaksanakan mahasiswa KKM 10 UNIBA, selain membawakan fasilitas membaca, mereka juga memiliki program mengajar di sekolah tersebut. “Positif dan bermanfaat sekali program Gerobak Literasi ini, belum pernah ada program seperti ini di tahun sebelumnya, ini pertama kali, dan sangat membantu, kebetulan ketersediaan buku bacaan di perpustakaan sekolah kami pun sangat terbatas, anak-anak menjadi tidak bersemangat untuk membaca buku, tapi tidak menyangka hari ini anak-anak berebut buku bacaan, terima kasih” pungkas Kepala Sekolah SDN Kilasah.

Setelah kegiatan membaca buku secara bersama-sama, mahasiswa membuat sesi refleksi dengan mengulas buku bacaan yang mereka baca secara bergiliran, dengan tujuan agar makna dari berliterasi dapat tercapai.

Baca Juga :

https://suaralintasindonesia.com/2024/07/24/memperingati-hari-anak-nasional-mahasisiwa-kkm-10-universitas-bina-bangsa-gelar-pelatihan-mendongeng-bagi-guru-paud-dan-tk-di-kelurahan-kilasah/

Mereka dipastikan tidak hanya membaca buku, akan tetapi memahami dan mengambil informasi kemudian diolah menjadi sebuah ide dan dipraktikkan dalam kehidupan nyata mereka. Tidak lupa mahasisiwa KKM 10 tersebut memberikan hadiah kecil sebagai penyemangat untuk siswa-siswi SDN Kilasah yang sangat rajin membaca buku.

Tidak sia-sia, program Gerobak Literasi berjalan sukses dan mendapat sambutan hangat, yang berarti tema pengabdian mereka yakni “ Cipta inovasi, rekam jejak, kebermanfaatan, dan meningkatkan kualitas” dalam bidang pendidikan telah terealisasi dengan sangat baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!