Pemko Gunungsitoli Apresiasi  Kegiatan Peluncuran Tahapan Dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli -

Pemko Gunungsitoli Apresiasi  Kegiatan Peluncuran Tahapan Dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli

0

GUNUNGSITOLI, Suaralintasindonesia.com || Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli Meluncurkan Tahapan dan Jadwal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, di halaman Taman Yaahowu, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara. Senin  (27 Mei 2024).

 

Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Kardinal Pranata Mendrofa  dalam sambutannya mengatakan bahwa, 183 hari lagi menuju pemungutan dan penghitungan suara untuk Pilkada Kota Gunungsitoli. Hari ini tanggal 27 Mei 2024, kami sampaikan juga tepat 6 bulan menuju tanggal 27 November tahun 2024.

 

Di Jelaskan Kardinal bahwa Seperti amanat pada undang-undang nomor 10 tahun 2016, di mana pelaksanaan Pilkada untuk tahun 2024 dilaksanakan secara serentak yaitu pada bulan November. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah juga menerbitkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 2 tahun 2024, yang di mana pelaksanaan pilkada di seluruh Indonesia dilaksanakan tepat pada tanggal 27 November tahun 2024. Pelaksanaan Pilkada ini sesuatu yang baru karena dilaksanakan secara serentak, sama dengan pemilu.

 

Pemilihan umum dilaksanakan pada bulan Februari sedangkan pelaksanaan Pilkada dilaksanakan pada bulan November, dimana Pada pelaksanaan Pilkada kali ini dilaksanakan di 36 provinsi, dan 508 kabupaten kota, salah satunya adalah kota Gunungsitoli. Sebelum saya lanjutkan Izinkan saya membaca sebuah pantun, Karena pada hari ini kita akan melaksanakan peluncuran tahapan Pilkada.

 

Pelaksanaan Pilkada telah kami mulai dengan beberapa tahapan, dimana KPU Kota Gunungsitoli telah merekrut badan Ethock panitia pemilihan Kecamatan atau PPK dan juga TPS di tingkat desa, dan telah semuanya dilantik terakhir kemarin pada tanggal 26 November, itu Salah satu tahapan persiapan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Gunungsitoli.

 

Hari ini kita akan meluncurkan tahapan Pilkada dan juga meluncurkan Maskot yang menjadi Maskot Pilkada untuk tahun 2024 ini.

 

Ketua KPU Kota Gunungsitoli menambahkan bahwa, kita  telah putuskan untuk menjadi maskot Pilkada  Kota Gunungsitoli tahun 2024 ini adalah ENO dan ENI.

 

ENO dan ENI ini adalah gabungan dari bahasa daerah Nias yaitu “ENONI” yang artinya Pelayan, di mana pada tanggal 27 November 2024 nantinya, warga kota Gunungsitoli akan mencari pemimpin yang melayani rakyat kota Gunungsitoli.

Melalui maskot yang kami Tampilkan ini, harapannyai bisa tersampaikan Kepada seluruh masyarakat kota Gunungsitoli untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih yang benar-benar melayani masyarakat kota Gunungsitoli, ujarnya.

 

Sementara Wali Kota Gunungsitoli yang di wakili oleh Bapak Asisten Bidang Perekonomian dan  Pembangunan Folata Mendrofa, S.Pd.SD. dalam sambutannya mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan kasihNya  sehingga dapat bersama-sama menghadiri acara Peluncuran dan Jadwal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli tahun 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kota Gunungsitoli, yang sebelumnya tadi telah dilaksanakan  Pawe bersama  yang di mualai dari Kantor KPU Kota Gunungsitoli menuju Taman Ya’ahowu.

 

Pemerintah Kota Gunungsitoli berterima kasih sekaligus mengapresiasi  kegiatan Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan oleh KPU Kota Gunungsitoli dengan diawali pelaksanaan pawai bersama dari kantor KPU Kota Gunungsitoli menuju Taman Yaáhowu.

 

Pemerintah Kota Gunungsitoli telah menyediakan anggaran dalam bentuk hibah sesuai dengan ketentuan yang ada dan kemampuan keuangan daerah tentunya. Kendati demikian hibah yang diberikan sudah maksimal dan diharapkan peruntukkannya sesuai dengan aturan keuangan yang berlaku. Ini adalah sebuah bentuk dukungan penuh Pemerintah Daerah Kota Gunungsitoli kepada KPU Kota Gunungsitoli.

 

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui kepala perangkat daerah, camat se-Kota Gunungsitoli tetap berkomitmen untuk membantu KPU Kota Gunungsitoli mensosialisasikan kepada seluruh warga Kota Gunungsitoli bahwa pada tanggal    27 November 2024 yang akan datang dihimbau menggunakan hak untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli.

 

“Ditambahkannya, kepada KPU Kota Gunungsitoli jangan hanya sebatas hari ini  pelaksanaan kegiatannya, sebelum pelaksanaan pemilihan pada bulan November 2024 mungkin ada Program-program KPU Kota Gunungsitoli  dalam bentuk yang berbeda. Apalagi kita bisa kita pastikan bahwa di Kota Gunungsitoli terdapat pemilih pemula yang memerlukan informasi tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang serentak ini”, tegas Folata Mendrofa.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten I Setda Kota Gunungsitoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, mewakili Polres Nias, Mewakili Dandim 0213/Nias, Bawaslu Kota Gunungsitoli, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Para Wartawan, Mahasiswa, Ketua Organisasi Agama se-Kota Gunungsitoli dan hadirin lainnya. (Restu A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!