Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Berikan Sosialisasi Cara Pengolahan Buah Aren Menjadi Kolang Kaling Kepada Warga Desa Pelita -

Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Berikan Sosialisasi Cara Pengolahan Buah Aren Menjadi Kolang Kaling Kepada Warga Desa Pelita

0
Spread the love

HALMAHERA UTARA-KODAM III/SLW, suaralintasindonesia.com – Anggota Pos Koki Salimuli Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY memberikan sosialisasi cara pengolahan buah aren menjadi kolang kaling kepada masyarakat Desa Pelita Kecamatan Galela Utara.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han kepada awak media melalui telepon seluler, Jum’at (03/03/2023).

Lebih lanjut Dansatgas menyampaikan pembuatan kolang kaling dari buah aren yang dilakukan oleh Pos Salimuli merupakan inovasi yang dapat diaplikasikan kepada masyarakat dan mempunyai nilai ekonomi.

“Masyarakat Desa Pelita mayoritas warganya bekerja sebagai nelayan dan berkebun tetapi banyak tanaman aren yang kurang dimanfaatkan buahnya sehingga Satgas mempunyai inisiatif untuk mengolah buahnya menjadi kolang kaling. Disamping bisa menambah penghasilan keluarga juga meningkatkan gizi masyarakat,” tutur Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danki SSK III Salimuli Lettu Arh Sumardiono, S.T.Han yang memiliki ide inovasi ini mengatakan, kegiatan sosialisasi pengolahan buah aren menjadi kolang kaling oleh Satgas Yonarhanud 3/YBY mendapat atensi dari Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manarey.

“Sosialisasi ini sangat inovatif karena memanfaatkan barang yang terbuang menjadi komoditi baru dan bernilai ekonomi bagi masyarakat, “ jelas Danki.

Lanjut Danki menyampaikan kolang kaling sangat menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan saponin, bahkan gelatin.

“Manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh yaitu dapat melancarkan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, memelihara kesehatan jantung, meredakan nyeri sendi dan mencegah dehidrasi,” terang Danki.

Sementara itu Kepala Dinas UKM/Koperasi Kab. Halmahera Utara Alwi Tutupoho menyampaikan bahwasanya buah aren selama ini tidak dimanfaatkan masyarakat setempat karena belum tau cara mengolahnya.

“Saya selaku kepala Dinas UKM/Koperasi berterima kasih kepada Satgas dapat mengolah buah aren ini menjadi sebuah produk sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan sejauh ini di Maluku Utara tidak ada masyarakat yang mengolah buah ini menjadi kolang kaling yang bergizi tinggi dan bernilai ekonomi,” tutur Kadis.

Kegiatan sosialisasi ini selain dihadiri Kepala Dinas UKM/koperasi Kab. Halmahera Utara Alwi Tutupoho juga dihadiri Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han, Pasiops Satgas Letda Arh Tri Utomo Akbar, S.Tr. Han, Kepala Desa Pelita Betty Lahete dan warga Desa Pelita, Kec. Galela Utara.

Pendam III/Siliwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/