Bupati Nias Membuka Pariwisata Air Panas Mbombo Aukhu. -

Bupati Nias Membuka Pariwisata Air Panas Mbombo Aukhu.

0
Spread the love
  • Air Panas Mbombo Aukhu Sebagai Ikon Wisata Kebanggaan Kabupaten Nias.

NIAS, SUARAINDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) NiasĀ  dalam hal ini Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli,MM di dampingi Sekda Kabupaten Nias, Drs,Firman Yanus Larosa dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Drs Kharisma Halawa,M.Si secara resmi Ā membuka Launcing destinasi Wisata Mbombo Aukhu yang terletakĀ  di desa Oladano Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias, Sumatera Utara.Ā  Sabtu (13/2) .

Pantauan awak media ini menginformasikan  bahwa Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Drs Kharisma Halawa,M.Si menyampaikan pelaksanaan launching destinasi  wisata air panas Mbombo Aukhu sebagai Icon Kabupaten Nias  dan sekaligus membantu perekonomian masyarakat sekitarnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias sampaikan bahwa Sarana dan Prasarana destinasi Wisata Mbombo Aukhu telah dilaksanakan  beberapa tahapan, di mulai dari tahun 2017 s/d tahun 2020.

Pada Tahun 2017 dimulai MOU antara Pemkab Nias dengan  rektor institut teknologi Bandung (ITB), sehingga pada tahun 2018 pihak ITB melaksnakan penilitian kondisi alam sehingga pengerjaan pengeboran mencapai kedalaman 250 meter dan tahun  2019 penelitian tersebut berhasil dilakukan  sehingga air panas kembali dialirkan  kedalam kolam pemandian dengan suhu 41 derajat celcius.

Di bulan  Januari s/d Maret 2020 destinasi air panas Mbombo Aukhu mulai banyak  dikunjungi oleh wisatawan, dan diakhir tahun 2020 perbaikan rehabilitasi sarana dan prasarana  telah kita bangun seperti pembangunan gardu tempat mesin sumur dalam,  rehab toeilet, rehab tempat pemandian dan pembuatan sumur bor untuk sumber air bersih.

Sementara Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM mengapresiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Nias  dimana suatu pertanda dalam memberhasilkan program kegiatan pembangunan  dalam sektor Pariwisata dan ekonomim kreatif yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias, dimana kita merasa senang dan bangga dapat memfungsikan kembali destinasi air panas Mbombo Aukhu sebagai ikon wisata kebanggaan Kabupaten Nias.

Beliau berharap  agar kiranya bangunan Sarana dan Prasarana wisata air panas Mbombo Aukhu yang sudah ada agar bersama menjaga dan mempelihara agar dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama dan berkelanjutan ujar Bupati Nias.

Di akhir acara tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan sarana penjualan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, dan selanjutnya Bupati Nias meninjau setiap lokasi yang direnovasi.

(Aa Wahyu/FL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/