Bupati Nias Barat Hadiri Peringatan HUT Kabupaten Nias Ke-150 Tahun 2020. -

Bupati Nias Barat Hadiri Peringatan HUT Kabupaten Nias Ke-150 Tahun 2020.

0
Spread the love

NIAS  Barat, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.P., MM hadiri memperingati Hari jadi Kabupaten Nias ke-150 yang diperingati, tanggal 4 Desember berlangsung lancar dan hikmat, Komplek Perkantoran Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Jumat (04/12/2020).

Bupati Nias bertindak sebagai inspektur upacara, dengan Tema tahun ini adalah
‘DATATUWUNI BAWANGEHAOGO BANUADA’, turut hadir Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, para PNS di lingkungan kerja Pemkab Nias, tokoh masyarakat Kabupaten Nias, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya menyampaikan sejumlah pencapaian yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias dalam kurun waktu 9 tahun ini, salah satunya telah ditetapkannya Ibukota Kabupaten Nias di Kecamatan Gido sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 02 pada Tahun 2017 yang lalu. Dimana sejak pemekaran Tahun 2008 hingga 2016, Ibu Kota Kabupaten Nias masih berada di Wilayah Kota Gunungsitoli.

Sokhiatulo Laolo mengatakan bahwa Penetapan tanggal 4 Desember 1870 sebagai Hari Jadi Kabupaten Nias menjadi penanda sejarah pelaksaan pemerintahan di Wilayah Nias dan menjadi momentum sejarah yang dijadikan sebagai landasan dan acuan untuk menetapkan Hari Jadi Kabupaten Nias.

“Periode pertama kami memimpin Kabupaten Nias pada tahun 2011, Kabupaten Nias masih belum ada ibu kota. Baru tahun 2012 kita mulai memikirkan pemindahan Ibu Kota Kabupaten Nias yang selama ini masih berada di Kota Gunungsitoli. Dan puji syukur, tahun 2016 baru keluar Peraturan Pemerintah tentang Ibu kota kabupaten Nias yang dipusatkan di Kecamatan Gido,“ Ujar Bupati Nias. (FL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/