Asyrofuddin, S.Pd.I. M.Pd : Refleksi Hari Pahlawan ORANG TUAKU ADALAH PAHLAWANKU…. -

Asyrofuddin, S.Pd.I. M.Pd : Refleksi Hari Pahlawan ORANG TUAKU ADALAH PAHLAWANKU….

0
Spread the love

Cirebon, independentnews.id- Sejatinya, jika dikaji secara mendalam, makna pahlawan tidak hanya berhenti pada mereka yang berjuang untuk bangsa, atau berperang melawan penjajah saja. Akan tetapi mereka yang memiliki kontribusi besar dalam menciptakan perubahan itupun dapat kita katakan sebagai pahlawan. Dengan kata lain, pahlawan adalah mereka yang memegang peran penting dalam kehidupan.

Dimulai dari hal yang paling dekat dengan diri kita sendiri. Keluarga misalnya. Keluarga adalah partikel paling kecil dalam diri seseorang. Baik dan buruknya seorang anak tergantung pada bagaimana peran keluarga yang mendampinginya sedari kecil. Karena untuk menciptakan generasi bangsa yang berkualitas tidak serta merta terbentuk dengan tiba-tiba. Semua melalui proses yang amat sangat panjang. Proses tersebut dilewati sejak masa Prenatal hingga individu itu menjadi dewasa.

Pemegang peran pertama dan utama dalam diri seorang individu adalah orangtua. Boleh dikatakan Orangtua adalah Pahlawan bagi anak-anak mereka. Mengapa demikian?

1.Orang Tua Adalah Pendidik
Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Peran orang tua tidak hanya mendidik anak dari segi kognitif, melainkan juga dari tatanan sosial budaya mereka ikut berperan aktif dalam membentuknya. Sebelum anak masuk dunia sekolah, orang tua sudah menjadi guru bagi anak-anak mereka

2.Orang Tua Adalah Role Model
Orang tua adalah role model bagi anak sedari lahir hingga dewasa. Bagaimana agar anak memiliki tingkah laku positif yang sesuai tatanan yang berlaku dalam masyarakat tergantung bagaimana keteladanan yang diberikan orangtua dalam kehidupan mereka.

  1. Orang Tua Sebagai Motivator
    Orang tua adalah tempat anak meminta bantuan ketika menemukan kesulitan dalam menggapai asa mereka. Saat anak gagal dalam mencapai sebuah harapan, orang tua adalah orang pertama yang akan mengulurkan tangan dan memberikan pelukan kehangatan. Sehingga rasa percaya diri anak akan kembali muncul dan anak akan mudah bangkit dari keterpurukannya.

4.Orang Tua Adalah Sahabat
Keluarga, terutama orang tua adalah tempat anak berbagi keluh kesah tentang masalah yang tengah dihadapi dalam kehidupannya. Orang tua adalah tempat berlindung saat anak memiliki masalah dengan teman sebayanya. Anak akan belajar berjuang untuk tetap berdiri saat lingkungan sekitar tidak menerimanya.

  1. Orang Tua Adalah Security
    Di sini, orang tua sebagai security bagi anak memiliki tugas ganda. Yang pertama, orangtua harus bisa menjaga diri mereka sendiri untuk tidak terpengaruh dengan hal negatif yang dibawa perkembangan zaman. Selanjutnya, orang tua bertugas menjadi pengawal bagi anak untuk mengikuti perkembangan zaman.

6.Orang Tua Adalah Pembimbing
Di era sekarang ini, teknologi informasi seakan sudah mendarah daging dalam kehidupan. Segala informasi dengan leluasa dapat diakses oleh setiap orang dari sudut kota hingga pelosok desa. Di sini orang tua bertugas mengarahkan dan membimbing anak-anak mereka agar tidak mudah terbawa arus globalisasi yang sejatinya dapat mengikis moral mereka.

Jadi, tidak salah kiranya bila kita menyebut orang tua sebagai pahlawan dalam hidup kita.
(menukil dari Choirur Rosyidah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/