Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Mubtadiin Gembongan-Babakan Mampu Bersaing Dengan Sekolah Umum -

Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Mubtadiin Gembongan-Babakan Mampu Bersaing Dengan Sekolah Umum

0
Spread the love

Cirebon, suaraindependentnews.id_
Sekarang, madrasah bukan lagi lembaga pendidikan alternatif atau “kelas dua”. Tingkat kelulusan, animo masyarakat, dan banyaknya prestasi yang diraih madrasah membuat lembaga pendidikan Islam ini mampu bersaing dengan sekolah umum.

Muhadi, S.Pd.I., Kepala MI Raudlatul Mubtadiin Gembongan-Babakan menyebut, ada tiga tolak ukur yang menunjukkan kemajuan madrasah pada saat ini. “Yakni, tingkat kelulusan, animo masyarakat dalam hal mendaftarkan anaknya ke madrasah, dan kompetisi. Selain itu, disiplin menjadi indikator utama, khususnya perihal Aqlak.

Saat ini, tingkat kepercayaan masyarakat, baik dari Desa Gembongan itu sendiri maupun dari tetangga desa untuk menyekolahkan anaknya di MI Raudlatul Mubtadiin sangat tinggi bila dibanding dengan sekolah umum setingkat Madrasah Ibtidaiyah. pungkas Muhadi, S.Pd.I. yang kini sedang menempuh S2.

Ditempat yang sama, Jaja Miharja, S.Pd. guru MI Raudlatul Mubtadiin mengatakan bahwa benar, animo masyarakat sekitar untuk mendaftarkan anaknya di madrasah kami sangat tinggi. Bahkan, madrasah kami pada tahun pelajaran 2020/2021 sangat kewalahan menghadapi tingginya animo masyarakat tersebut.

Muhadi S.Pd.I. menambahkan, dari segi prestasi, MI Raudlatul Mubtadiin juga mencatat pencapaian yang cukup cemerlang. Dalam berbagai kompetisi, madrasah kami menunjukkan kualitas yang sangat membanggakan. Selain itu, terpenting bagi kami adalah, bagaimana madrasah kami bisa dan mampu untuk mendidik siswa dari sisi Aqlak dan kepribadian yang Islami. Maka kami selalu menekankan kepada seluruh dewan guru untuk berdisiplin, karena pada prinsifnya adalah, siswa itu bagaimana guru. Ungkapnya pada media ini.

Pemerhati pendidikan Islam, Asyrofuddin, S.Pd.I., M.Pd. menyatakan sepakat, bahwa kondisi pendidikan Islam, khususnya madrasah, pada saat ini sudah sangat membaik. Hal itu dapat dilihat dari tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah dibanding sekolah umum, selain itu, juga banyak prestasi yang diraih justru oleh siswa yang dari madrasah. MI Raudlatul Mubtadiin sendiri dalam hal prestasi, sudah tidak diragukan lagi.

Saat ini, madrasah sudah bisa kita banggakan. Sebab, saat ini sudah banyak madrasah yang memiliki gedung yang baik, tenaga pengajar yang sudah sarjana, dan sistem pembelajaran yang tidak kalah dengan sekolah umum lainnya, seperti yang ada di MI Raudlatul Mubtadiin. ujar Asyrofuddin, S.Pd.I., M.Pd. yang juga salah satu guru yang bertugas di madrasah tersebut.

Bahwa saat ini, fihaknya fokus berupaya maksimal dengan cara swadaya untuk pengadaan lahan dan bangunan madrasah baru yang letaknya tidak begitu jauh dari madrasah asal. Hal ini semata demi menampung animo masyarakat yang sangat tinggi untuk menyekolahkan anaknya di madarasah yang kami kelolah. Kami juga tidak lepas selalu kordinasi dan komunikasi dengan dewan guru, wali murid dan bahkan dengan Bu Hj Komariyah selaku Pengawas Pendidikan Agama Islam serta dengan Kemenag Kabupaten Cirebon. Alhamdulillah, walau dengan swadaya, proses rencana pengadaan madrasah baru, sudah berjalan. Insya Allah dan mohon do’anya, nantinya ada MI Raudlatul Mubtadiin 01 dan 02. ungkap Muhadi, S.Pd.I. diselah selah kesibukannya. (ASR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/