Desa Ciawi Asih Kecamatan Susukan Lebak Usulkan 157 UMKM Dapat Bantuan Modal -

Desa Ciawi Asih Kecamatan Susukan Lebak Usulkan 157 UMKM Dapat Bantuan Modal

0
Spread the love

Cirebon, suaraindependentnews.id_ Pemerintah Desa Ciawi Asih Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon mengusulkan 157 lebih pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendapatkan bantuan modal dari Pemerintah Pusat melalui Pemkab Cirebon pada masa pandemi Covid-19. Terkait hal ini Pemerintah Desa Ciawi Asih hanya berwenang mengajukan para pelaku UMKM yang ada, dan kami dari Pemdes Ciawi Asih tidak mempunyai hak untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan atau tidaknya bantuan tersebut. Menurut Hendri Setiawan Sekdes Ciawi Asih kepada suaraindependentnews.id Cirebon.

“Kami sudah mengusulkan dan mengajukan pada tahap pertama sebanyak 157 pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan modal usaha,” kata Hendri Setiawan Sekdes Desa Ciawi Asih Kecamatan Susukan Lebak, melalui selulernya. Senin (2/11).

Masih menurut Hendri Setiawan, ketika mendapatkan informasi program tersebut agar sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2008, fihaknya langsung melakukan musyawarah bersama Kuwu dan Lembaga serta komponen masyarakat Desa Ciawi Asih yang selanjutnya mensosialisasikan melalui RT dan RW tentang program UMKM kepada masyarakat pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah. Hal itu dilakukan agar dalam pelaksanaannya dari proses pendaftaran, kelengkapan administrasi dan pengajuan hingga sampai dengan pencairannya nanti lancar, aman dan ssukses.

Masih menurut Hendri Setiawan, Desa Ciawi Asih sendiri, pada tahap pertama dari data yang diajukan untuk calon penerima program UMKM sebanyak 157 orang, fihaknya sampai sekarang belum menegetahui pasti berapa jumlah yang akan direalisasi atau berapa pelaku UMKM yang akan mendapatkan batuan UMKM sebesar Rp. 2,4 Juta tersebut. Fihaknya hanya mendapatkan informasi dari fihak BRI tentang jadwal pencairan calon penerima bantuan UMKM untuk Desa Ciawi Asih yang akan dimulai tanggal 4 November 2020 nanti, adapun proses pencairan, rencana akan terbagi menjadi tiga titik BRI yakni BRI Sedong, BRI Sindang dan BRI Cabang Cirebon.

Pemdes Ciawi Asih sangat berharap yang mendapatkan bantuan UMKM sesuai dengan jumlah yang kami diajukan sebanyak 157 pelaku usaha yang ada didesanya, dan fihaknya juga menghimbau untuk bantuan yang diterima nanti benar untuk penambah modal usaha.

Sementara untuk tahap kedua program UMKM, fihak Pemdes Ciawi Asih menghimbau kepada masyarakatnya pelaku UMKM yang belum sempat mengajukan di tahap pertama, agar untuk mengajukan melalui RT dan RW setempat, adapun untuk formulir pegajuan, fihak desa menyediakan dengan cuma-cuma/gratis. Pengajuan pada tahap kedua ini akan ditutup di tingkat desa pada tanggal 10 November 2020 dan di tingkat Kabupaten tanggal 17 November 2020. (ASR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/