Pemkab Nias Barat Serius Dalam Program Pengembangan Objek Wisata. -

Pemkab Nias Barat Serius Dalam Program Pengembangan Objek Wisata.

0
Spread the love

Nias Barat, Suaraindependent.id | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat dalam hal ini, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, MM bersama rombongan diantaranya Sekda Nias Barat Prof. Dr. Falhili Gulö, Asisten Administrasi Rosedi Daeli, SE.,MM, Staf Ahli Yupiter Hia, MM, Hadrianus Hia, MM, Ka. BPBD Drs. Filifo Daeli, MH dan Kadis Pariwisata Elfira Hotmulani, S.Kom.,MM, Kapolsek Sirombu Ipda. O.Daeli dan beberapa Anggota Danramil 09/Sirombu tinjau objek wisata di kawasan Pantai Sirombu yakni Pelabuban Sirombu dan Jalan lingkar Barat Pantai Gu’u Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumut, Rabu (08/07).

Bupati Nias Barat menjelaskan bahwa Nias Barat kini serius dalam program pengembangan Objek Wisata terutama kawasan Pantai yang didukung infrastruktur sarana dan home stand lainnya. Kita dorong dimana sekarang ini sudah mulai bergerak jasa perhotelan dan Resto di Pantai Sirombu ada Toziro Beach, ada Marco Beach dan RPJ Resto Beach ada juga jasa kuliner seperti Ikan Bakar Hutagalung  dan lain sebagainya. Kita juga dorong akses transportasi laut ke -12 pulau Hinako / sekitar, dengan peencanaan program pengadaan Speed Boat dan sarana pendukung lainnya, Ujar Faduhusi .

Kita dorong terus Dinas Pariwisata dan Dinas-Dinas lain untuk saling menopang (sinergi) terhadap program pengembangan Pariwisata Nias Barat, Intinya bahwa Pembangunan Pariwisata di Pulau Nias dan di Nias Barat pada khususnya merupakan program penting pemerintah disamping program lain yang saling berkaitan, Kita gandeng Kementrian Pariwisata dan kita bangun komunikasi secara terus menerus dengan Ibu Novida Kepala Dinas Pariwisata Provsu dalam pengembangan pariwisata Nias Barat,” Terangnya .

Selanjutnya, Bupati menekankan kepada Sekda, Staf Ahli dan Para Asisten untuk segera membuat konsep draft Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Pembangunan Kawasan Pantai.

Hal senada juga di sampaikan Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö bahwa program pengembangan Pariwisata sudah masuk dalam Master Plan Kabupaten dan pengesahan Riparkab telah dilakukan bersama karena dalam  membangun sektor Pariwisata mesti didukung dengan kesiapan anggaran bahkan tahun depan kita tingkatkan anggaran sektor Pariwisata dan selaku Ketua TAPD akan mendorong pengembangan Pariwisata dengan mencanangkan dana 10 Miliar untuk Tahun 2021, Hal itu sudah sering dibahas dalam forum lintas SKPD dan mendapat persetujuan Bupati, karena kita berpikir bahwa sektor Pariwisata adalah andalan kita di Nias Barat ini, Secepatnya kita akan bentuk Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Nias Barat (TPPP-NB), ujar Guru Besar UNSRI Palembang itu.

Demikian juga pernyataan Kadis Pariwisata Nias Barat Elfira Hotmulani, S.Kom.,MM menjelaskan sesuai Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupatèn (RIPARKAB) dimana ada tiga kawasan pembangunan Pariwisata kita; yakni Pembangunan Kawasan Rekreasi di Pantai Sirombu, Pengembangnan Kawasan Bahari di Kepulauan dan Pengembangan Budaya di Moro’ö, Lahömi dan sekitarnya. Sedangkan program ini beroperasi secepatnya setelah ada pengesahan anggaran dan sesuai petunjuk Sekda bahwa tahapan perencanaan sudah mulai dimatangkan mulai dari saat ini, Untuk pengembangan pariwisata sesungguhnya bukan hanya Dinas Pariwisata tetapi pihak lain juga stakeholder dan SKPD terkait, sangat diharapkan hadir dalam pembangunan Pariwisa. (FL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/