UPTD RSUD Gunungsitoli Berganti Nama Menjadi RSUD dr.M.G Thomsen Kepulaun Nias -

UPTD RSUD Gunungsitoli Berganti Nama Menjadi RSUD dr.M.G Thomsen Kepulaun Nias

0
Spread the love

Nias,suaraindependent.id_ Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi dan forum konsultasi publik perubahan nama UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias yang berlangsung di Gedung Serbaguna Salak Madu, Jalan Nias Tengah Km. 7 Desa Faekhu, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara. Selasa (17/03).

Dalam kegiatan sosialisasi dan forum konsultasi publik perubahan nama UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Nias, Fatousa Waruwu  dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini kita apresiasi langkah pemerintah Kabupaten Nias dalam melaksanakan tahapan-tahapan dalam melaksanakan perubahan nama UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Dikatakannya bahwa saya setuju dengan usulan beberapa nama dimana didasari sejarah dan latar belakang berdirinya Rumah sakit umu daerah (RSUD) Gunungsitoli Kabupaten Nias serta hasil pertemuan dan kajian teknis atau dokumen yang ada, maka beberapa usulan perubahan nama untuk RSUD  yakni; 1). RSUD dr.M.G.Thomson; sejarah awal berdirinya RSUD Gunungsitoli, dimana dr.M.G.Thomson merupakan dokter pertama yang melayani   di Rumah sakit umum Gunungsitoli   sekaligus sebagai Pimpinan RSUD Gunungsitoli 1964 s/d 1972.                                 

2). RSUD Kepulauan Nias (Nias Island); merupakan gambaran bahwa rumah sakit ini adalah milik Kepulauan Nias.

3). RSUD dr. Hadi M. Abednego,SKM,; merupakan Kepala dinas kesehatan Kabupaten Nias dan sekaligus sebagai Direktur  RSU Gunungsitoli pertama yang merupakan Orang Indonesia (Pribumi).

4).RSUD Nias Saro,;maksudnya bahwa rumah sakit ini  memiliki niat yang teguh untuk menjadi rumah skait rujukan pelayanan medis dan menjadi mpengampu Rumah sakit Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias.

5). RSUD Orahua Kepulauan Nias,:merupakan gabungan persatuan dari Kabupaten/Kota yang memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kepulauan Nias.

6).RSUD Enoni Kepulauan Nias,:merupakan singkatan dari Ehowu Ono Niha, mengandung makna  Rumah sakit sebagai pelayan, siap melayani masyarakat Kepulauan Nias .

dan 7).RSUD Ono Niha; menggambarkan bahwa rumah sakit ini milik orang Nias (Ono Niha) milik masyarakat Nias (Kepulauan Nias).

Sementara para tokoh  agama, tokoh budaya, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda  juga sepakat bahwa nama UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias akan menjadi RSUD dr.M.G Thomsen Kepulauan Nias.

Berdasarkan hasil sosialisasi dan forum konsultasi publik perubahan nama UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias dirubah menjadi RSUD dr.M.G Thomsen Kepulauan Nias. Ucap Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM. (FL/Aa Wahyu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/