Pertemuan IJK di Medan Dihadiri Wabup Nias. -

Pertemuan IJK di Medan Dihadiri Wabup Nias.

0
Spread the love

Nias,Newssuaraindependent.id | Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH MH menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (IJK) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dilaksanakan berlokasi di Hotel Santika Dyandra Medan Sumatera Utara .Selasa (4/02/2020).

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeksyah berharap pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh dengan target pencapaian pemerataan ekonomi dan kredit yang disalurkan bisa terlaksana khususnya bagi masyarakat. Demikian dikatakannya dalam pemaparan tahunan Otoritas Jasa Keuangan tersebut.

Sementara Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Yusup Ansori, memaparkan perkembangan terkini industri jasa keuangan di Sumbagut pada tahun 2019 tumbuh positif. Hal ini didukung tingkat permodalan dan likuiditas. Dijelaskan Yusup, dari seluruh bank yang berkantor pusat di Sumbagut yang terdiri dari 4 Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan 1 Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) memiliki permodalan yang baik, bahkan telah melewati batas minimum ketersediaan modal menurut profil risiko masing-masing bank..

Selanjutnya OJK KR 5 Sumbagut senantiasa mendorong pemenuhan likuiditas yang baik bagi perbankan di Sumbagut. Hingga akhir tahun 2019, kondisi likuiditas seluruh bank yang berkantor pusat di Sumbagut tergolong memadai, bahkan lebih tinggi dari threshold yang telah ditetapkan, sebesar 50% untuk AL/NCD. OJK KR 5 Sumbagut berharap peran bank umum bagi pembangunan daerah semakin optimal.

“Disisi lain, untuk kredit perbankan di Sumbagut masih tumbuh positif sebesar 4,31% dengan nominal kredit mencapai Rp423,83 triliun. Pertumbuhan kredit ini didorong oleh pertumbuhan kredit investasi (10,13%)Pertumbuhan kredit tersebut diiringi dengan risiko kredit yang terkendali dengan rasio Non Performing Loan (NPL) sebesar 2,76%. Dana Pihak Ketiga juga tumbuh positif sebesar 6,97% menjadi sebesar Rp456,95 trilliun,” jabarnya.

Perkembangan kredit dan DPK dalam kinerja intermediasi perbankan masih terjaga di level yang cukup tinggi dengan rasio Loan To Deposit Ratio (LDR) sebesar 92,75%. Bahkan, secara spesifik, kredit salah satu BPD, yaitu PT Bank Sumut, mampu tumbuh 8,93% (yoy) atau lebih tinggi dari pertumbuhan kredit nasional 6,08%, dan menjadi pertumbuhan tertinggi bank tersebut dalam 10 tahun terakhir.

“Sementara itu, aset perbankan syariah di Sumbagut tumbuh double digit 13,58%. Hal tersebut menunjukkan minat masyarakat makin tinggi untuk menggunakan produk perbankan syariah, serta mendorong market share perbankan syariah di Sumbagut meningkat dari 11,24% pada tahun 2018 menjadi 12,15% pada akhir tahun 2019, melampaui market share perbankan syariah nasional (6,13%),” jelasnya.

Dalam sisi industri jasa keuangan non bank, ditambahkan Yusuf bahwa penyaluran pembiayaan oleh industri. Perusahaan Pembiayaan di Sumbagut tergolong baik. Portofolio pembiayaan tahun 2019 mencapai Rp45,07 Triliun atau 9,6% terhadap portofolio nasional.

“Sumut merupakan provinsi dengan jumlah pembiayaan tertinggi secara nasional di luar Pulau Jawa, mencapai Rp17,55 Triliun, dengan Non Performing Financing (NPF) yang cukup rendah 2,15%. Selanjutnya, nilai pinjaman perusahaan. Pergadaian di Sumbagut sebesar Rp5,74 trilliun, tumbuh cukup baik 12,65%, dan didominasi oleh Provinsi Sumatera Utara (51,43%),” pungkasnya. (FL/Aa Wahyu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/