Bupati Nias Utara Serahkan 14 Unit Sarana Penangkapan Ikan Kekelompok Penerima Manfaat. -

Bupati Nias Utara Serahkan 14 Unit Sarana Penangkapan Ikan Kekelompok Penerima Manfaat.

0
Spread the love

Nias Utara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara dalam hal ini Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara menyerahkan paket sarana perlengkapan ikan kepada kelompok nelayan penerima manfaat di kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan bertempat di Pantai Lafau Kab . Nias Utara Provinsi Sumatera Utara. Jumat (24/01/2020).

Dalam laporannya Kepala dinas Kelautan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua,S.Pi, M.Si menyampaikan bahwa, sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu bangian sektor pemberdayaan masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Nias Utara.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh masyarakat nelayannya, untuk mengoptimalkan perekonomian pembangunan sektor kelautan dan perikanan, sektor kelautan dan perikanan ini juga bagian dari aset utama sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi, pada tahun 2016 waktu berkunjung dikepulauan Nias ini menyatakan bahwa, ada dua sektor utama ketika dia mendarat mengamati potensi kepulauan Nias yakni; pertama sektor pariwisata dan kedua sektor Perikanan.

Pada tahun 2019 telah kita laksanakan pengadaan sarana untuk membantu kelompok nelayan dalam melakukan operasi penangkapan ikan yang selama ini pergi melaut tanpa arah dan tujuan, kita juga telah berkerjasama dengan Lapan dengan penyediaan alat teknologi sebanyak 14 (empat belas) unit yang bisa dapat memandu para kelompok nelayan dalam penangkapan ikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan Kab.Nias Utara.

Lebih lanjut kadis kelautan menyampaikan bahwa beberapa kegiatan telah kita laksanakan diataranya pemberdayaan budi daya rumput laut dalam skala rumah tangga dapat menambah dan menunjang ekonomi masyarakat yang menggunakannya.

Mewakili ketua kelompok nelayan penerima bantuan kabupaten Nias Utara, Fangano Hulu menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan penyerahan paket sarana penangkapan ikan berukuran lebih kecil dari 3 GT beserta perlengkapannya ke kelompok nelayan pada hari ini, dan kami para nelayan bahwa di Nias Utara sangat membutuhkan pembangunan rumpon laut, bila ada rumpon laut pasti ikan tongkol atau ikan Tuna ada, saya harapkan muatan kapal ditahun yang akan datang kiranya yang 5 ton dapat diakomodir oleh Pemkab Nias utara melalui Dinas Kelautan Ujarnya.

Sementara mewakili kepala desa yakni kepala desa Seheneasi, Nyak Pau Aceh menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Nias Utara dalam hal ini Bupati Nias utara atas perhatiannya kepada masyarakat nelayan kabupaten Nias Utara, kami akui bila menilai biaya harga yang dikeluarkan mungkin kami tidak dapat membelinya sehingga pada hari ini pemerintah kabupaten Nias Utara dapat melaksanakan kegiatan ini dimana 14 (empat belas) kelompok nelayan akan mendapatkan bantuan kapal penerima manfaat dan harapan kami kiranya kapal bantuan janganlah disia-siakan tuturnya.

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dan dukungan dari dinas perikanan dan kelautan, ada 39 (tiga puluh sembilan ) unit sepeda motor bantuan untuk penggalas-penggalas ikan, dan saya percaya bahwa 39 sepeda motor itu belum mencukupi namun demikian kami berupaya bagi penggalas lainnya akan diterima kembali , dan harapan kami kepada dinas perikanan dan kelautan kabupaten Nias Utara agar mendata yang sebenarnya siapa saja saudara-saudari kita penggalas ikan.

Dan hari ini juga kita laksanakan penyerahan penerima manfaat kepada kelompok nelayan, akan kita serahkan ke 14 (empat belas) unit penerima manfaat dan sebelumnya telah kita serahkan beberapa unit dengan keseluruhan 22 (dua puluh dua) unit kapal motor nelayan untuk diberikan kepada kelompok nelayan penerima manfaat yang ada di kabupaten Nias utara, dan itupun masih belum cukup, dan kita berharap kepada dinas perikanan agar penandataan yang akurat dan ditahun depan akan datang dapat ditingkatkan lagi.

Demikian juga di 2 (dua) sektor pariwisata dan perikanan, salah satu program yang strategi dari dinas Pariwisata, dan kita sentuh yang urgen dan itu sudah kita laksanakan di Kecamatan Sawo sudah kita buka pariwisata Manggrove. kalau kita sentuh bersamaan itu tidak mungkin tetapi kita harus melihat yang mana tempat-tempat yang strategis (urgen) dalam setiap tahun itu yang kita utamakan

Bupati Nias Utara mengharapkan kiranya 14 kelompok penerima manfaat yang menerima dapat menjaga amanah, dengan tujuan dari pemerintah kabupaten Nias Utara agar kelompok penerima manfaat dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khusus kelompok nelayan kabupaten Nias Utara ujar Bupati Nias Utara. (FL/Aa Wahyu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!