UPT Puskesmas Karangnunggal Krisis Tenaga Dokter -

UPT Puskesmas Karangnunggal Krisis Tenaga Dokter

0
Spread the love

Tasikmalaya,newssuaraindependent.id-Saat ini UPT Puskesmas Karangnunggal Kekurangan Tenaga Dokter, hanya tersisa satu Orang Dokter saja, karena sudah pada pensiun, Rabu (01/01/2020).

Disimak pihak awak Media Newssuaraindrpendent ketika ngobrol ringan dalam sebuah acara, Tokoh Ormas Pemuda Pancasila (PP) Bung Ade Tamzid, Yono Suyono (Tenaga Kesehatan), Mayor Inf. Kurniadi (Danramil), Dedi Mulyana (Sekmat), Pambudi (Irban 3 Inspektorat), dan Dadan Kusnanto (Kapus).

Mereka semua sempat terlarut dalam gunjingan  masalah Krisis kekurangan tenaga Dokter di daerah terutama di Kec. Karangnunggal.

Dadan Kusnanto, (Kapus Puskesmas Karangnunggal),” menurutnya ketentuan perbandingan per-15 ribu orang harus disanding oleh Satu orang Dokter dengan jumlah penduduk Kecamatan Karangnunggal hampir 86 ribu jiwa, maka paling tidak harus ada lima orang Dokter yang melayani, ini sangat tidak sebanding.”

“Hal ini harus menjadi pemikiran serius, baik dari Pemerintahan setempat maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya,” terangnya.

Ironis memang, disisi lain pemerintah gencar  bahwa pelayanan kesehatan masyarakat harus ditingkatkan, bahkan melalui pembentukan kader kesehatan di tiap Desa, tapi di sisi lain Dinas Kesehatan terkesan kurang perhatian dengan hal tersebut.

Menurut Bung Ade, kami prihatin dan disayangkan, Umumnya Dokter enggan di tempat kan di daerah.

Sama halnya yang dikutif dari edisi berita yang ditulis  sebulan yang lalu (9/11/2019) Dalam Seminar Nasional II, Indonesia Rural Remote Docters Asocciation (IRRDA) bertemapat di Hotel Santika, Dr. Syarhan,Sp. DLP, MM (Ketua Asklin Tasikmalaya dan IRRDA Pusat),” fokus membahas tentang keadilan pelayanan Kesehatan Masyarakat dan mental petugas Medis terutama para Dokter dinilai masih  rendah. Nyatanya kebanyakan Dokter enggan di tempatkan di Perdesaan, ujarnya.

Terpisah Dr. Sarhan,”Kadis Kesehatan Kabupaten dan Kapus Puskesmas Karangnunggal harus berupaya untuk segera menambah tenaga Dokter karena layanan dasar tak bisa ditunda-tunda.Karena peran Dokter sangat penting dalam layanan fungsional dan management puskesmas,” imbuhnya.

Itulah salah satu penyebab utama kekurangan tenaga dokter di daerah, maka harus jadi perhatian serius pihak Pemerintah, tegas Bung Ade Tamzid.

Lanjut Bung Ade, kami sebagai masyarakat yang mungkin mewakili keluhan masyarakat, insya Alloh akan meminta pemerintah kabupaten dan Dinas terkait khususnya agar serius dan sesegera mungkin menambah Dokter di UPT Puskesmas Karangnunggal, tambahnya.

Di setujui  oleh semua saat itu, apa yang disampaikan Bung Ade Tamzid, bahkan sangat mendukung gagasannya.(Yat’s Kabiro Tasela).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!