LAIN-LAIN
Trending

Aris Penghuni Rumah Pondok Plastik Yang Terabaikan

Solok, newssuaraindependent.id_ Diera kemajuan zaman dan teknologi yang super canggih saat ini, boleh dikatakan tidak ada lagi masyarakat yang perekonomiannya berada di level terendah, dengan kata lain teramat miskin. Tetapi, paradigma tersebut buyar, sejak foto gubuk warga dengan anggota keluarganya yang beratapkan plastik di tengah peladangan viral di medsos. Aris ( 32 th) warga Nagari Koto Gaek Guguk Kec. Gunung Talang Kab.Solok bersama istrinya Rika (30 th) beserta dua orang anaknya, masing masing, Syafira (9 th) dan Syakila (10 bulan) menempati gubuk beratapkan plastik bekas peladangan yang sudah bolong bolong selama 3 bulan terakhir ini.

Berbekal informasi dari masyarakat, Wartawan Media Online Newssuaraindependent.id menelusuri sumber tersebut, alhasil, sesampai dilokasi, pemandangan miris terpampang disana, kenapa tidak, hanya beralaskan tikar diatas gundukan tanah, ditemani dengan sebuah kasur lusuh dan berdindingkan serta beratapkan plastik bekas yang bolong bolong, satu keluarga kecil ini menempati gubuk tersebut dengan senyum kegetiran,
Aris mengatakan, mereka menempati gubuk ini lebih kurang baru tiga bulan, sebelumnya, mereka tinggal menumpang di rumah Perumnas yang ada di dekat lokasi tersebut, dikarenakan tidak memiliki biaya, mereka memutuskan untuk tinggal di gubuk ini sekaligus bisa berladang disini, ujarnya lirih.

Selain itu, tanah peladangan yang ditempatinya ini merupakan tanah orang lain yang dipinjamkan untuk ditempati dan bisa juga bertani disini,

selain mengolah ladang sendiri, untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, Aris juga kerap dipanggil oleh warga sekitarnya untuk membantu mengolah pertanian dengan upah yang minim sekali, dan itupun tidak tetap, kadang ada, kadang tidak, ucapnya sambil termenung sedih.
Kadis Sosial Kab. Solok Yandra saat dihubungi via Whatsapp membenarkan adanya warganya yang memiliki tempat tinggal yang tidak layak huni, karena permasalahan ini sudah viral terlebih dahulu di medsos, kami dari Dinas segera tanggap dan langsung turun kelapangan, sebagai mana yang di viralkan, kami mendapati hal tersebut dan bertemu langsung dengan pemilik pondok plastik, Permasalahan ini sudah kami tangani secara bijak, dan juga sudah kami laporkan ke Bupati Solok, besok Kamis, (26/12) kami dari Pemerintahan Kab. Solok akan menyalurkan bantuan langsung, bagi masyarakat ingin menyaksikannya, silahkan datang besok sekira pukul 10.00 Wib, dan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut membantu dan menyampaikan permasalahan ini pada kami Dinas terkait, ulas Kadis.

Ketua DPRD Kab. Solok Jon Firman Pandu yang dihubungi via Whatsapp mengatakan, terkait masalah ini, kita sebagai warga Kab. Solok merasa sangat miris sekali mendapat laporan seperti ini , dalam peradaban yang sudah modern ini, masih ada kondisi masyarakat yang serba kekurangan seperti itu, ini akan menjadi tanggung jawab Pemerintahan Daerah secara bersama sama guna membenahi ekonomi masyarakat, kedepannya kita tidak ingin hal seperti ini ada lagi diwilayah Kab. Solok, selanjutnya, nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas terkait, semoga ada jalan keluarnya dan warga tersebut mendapatkan bantuan dan memiliki tempat tinggal yang layak seperti manusia lazimnya, (billy@nsi.id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button