Kebun warga Ciparaya Seluas 4 Hektare di Lalap Si Jago Merah -

Kebun warga Ciparaya Seluas 4 Hektare di Lalap Si Jago Merah

0
Spread the love

Tasikmalaya,newssuaraindependent.id- Lagi-lagi di musim kemarau kini kembali terjadi kebakaran yang menghanguskan lahan kebun warga seluas 4 Hektare di Kp.Ciparaya Blok Kebon Ngora Dusun Mekar Jaya Desa Cikupa Kec. Karangnunggal, pada Senin (28/10/2019).

Kobaran api mulai diketahui seorang warga sekitar jam. 13.00 Wib. Kepanikan warga terjadi saat api telah menyambar kandang Domba yang baru dibangun.

Api terus membesar membumbung tinggi karena diterpa angin hingga merembet ke pinggiran pemukiman kampung Ciparaya.

Salah seorang warga segera melapor ke pihak pemerintahan Desa melalui Saepurrohman (Sekdes), kemudian langsung menghubungi petugas Damkar Kab. Tasikmalaya dan pemerintah Kecamatan.

Se jam kemudia dua Mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi.

Camat Asep M Dahliana, Babinsa Mamat, dan Kepolisan pun hadir dengan sigap bahu membahu bersama warga membantu petugas Pemadam Kebakaran.

Api baru dapat dipadamkan sekitar jam. 16.30 Wib.

Dalam musibah kebakaran itu beruntung tidak ada korban jiwa ataupun hewan ternak.

Dihimbau,” agar masyarakat harus lebih berhati-hati membakar dedaunan ranting-ranting kering di kebun, bahkan buang puntung Rokok sekalipun, pasalnya kemarau panjang dan cuaca yang ekstrim memudahkan terjadinya kebakaran,” kata Asep dan Mamat Bainsa Desa Cikupa.

Bahkan pihak BPD dan Kades Desa Cikupa Yudha Heryadhi berencana akan membahas permasalahan tentang bagaimana cara cepat dan tepat mengantisipasi kebakaran di tingkat Kecamatan nanti.

Yang akan menjadi pembahasan yaitu terkait kesiapan anggaran dalam setiap menghadapi kemarau untuk membiayai Operasional Pemadam Kebakaran.

Mudah mudahan akan ada konsep yang disetujui oleh semua Desa di Kec. Karangnunggal untuk memaksimalkan kesigapan serta respon yang cepat ketika terjadinya kebakaran di wilayah Tasik Selatan, kata Yudha.(Yat’s Kabiro TASELA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!