Pemkab Nias Laksanakan HARGANAS Ke XXVI Dan HAN -

Pemkab Nias Laksanakan HARGANAS Ke XXVI Dan HAN

0
Spread the love

Nias, Newssuaraindependent.id

Perintah Kabupaten (Pemkab) Nias melaksanakan perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI dan Hari Anak Nasional (HAN), bertempat di Gedung Serbaguna Salak Madu Desa Faekhu Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (25/07/2019).

Dalam laporannya kepala Dinas P2KBP2A Kabupaten Nias Yapintar Mendrofa,SKM, MKM menyampaikan, perayaan Harganas tahun ini di Kabupaten Nias disatukan dengan Hari Anak Nasional, yang mana pada hakekatnya dilandasi dengan pemahaman bahwa keluarga dan anak adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Pada Harganas tersebut mengambil Tema ‘ Hari keluarga, Hari kita semua dengan Tagline ” cinta keluarga, cinta terencana”, Sementara Tema pada HAN yaitu Peran keluarga dalam perlindungan anak dengan slogan “Kita anak Indonesia, Kita Gembira.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah sbb:
1.apasitas Forum anak Kabupaten Nias dan Forum Anak Kecamatan pada tanggal 18 s/d 20 Juli 2019 yang dihadiri oleh utusan Forum Anak Kabupaten Nias dan utusan dari Forum Anak Kecamatan di 10 Kecamatan se Kabupaten Nias dilaksanakan oleh Dinas P2KBP2A Kabupaten Nias bekerja sama dengan Wahana visi Indonesia (WVI).
2. Pelayanan KB gratis dan dirangkaikan pemeriksaan IVA test kerjasama dengan UPT Puskesmas Hiliweto Gido
3. Lomba penyuluhan oleh PLKB dengan Tema kebersamaan dalam keluarga dengan pesan 4 ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdayakan, keluarga peduli dan berbagi dan 8 fungsi keluarga, tanggal 23 Juli
4. Dialog Interaktif di RRI Gun ungsitoli, 24 Juli 2019
5.lomba Vokal Solo lansia dan anak antar di 10 Kecamatan se Kabupaten Nias, 25 Juli 2019
6. Pada puncak perayaan Harganas dan Han di Kabupaten Nias dirangkaikan dengan pengukuhan Forum Anak Kecamatan se Kabupaten Nias periode 2019  s/d  2021 .

Pada acara ini juga sekaligus dilaksanakan serah terima program kepada Pemerintah Daerah yang selama ini dilaksanakan oleh WVI di Kabupaten Nias dimana sejak Tahun 2007 s/d 2019 hampir 12 Tahun telah melayani di Kabupaten Nias dan Tahun ini berakhir,  Selanjutnya pada kegiatan ini juga diisi dengan penampilan beberapa sanggar Forum Anak Kecamatan Hiliduho, Kecamatan Ulugawo, penampilan juara I vokal solo lansia, juara I vokal solo Anak, penampilan Maena dari Dinas P2KBP2A .

Sumber dana dari kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Nias yang tertampung di Dinas P2KBP2A, serta sumbangan dari lembaga/NGO utamanya WVI, SURF AID,OBI, PKPA, PESADA, RRI Gunungsitoli dan dari berbagai pihak lainnya.Ungkap Yapintar Mendrofa, SKM, MKM .

Sementara ketua TP.PKK Kabupaten Nias dalam sambutannya oleh Ny.Indra Desmon Zebua menyampaikan perayaan Harganas tahun ini dengan Tema nya sangat erat kaitannya dengan program KB dan pembangunan keluarga, mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Melalui Tema tersebut Hari Keluarga Nasional dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga.

Begitu juga Tema HAN, dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria , berakhlak mulia dan cinta tanah air, ucapnya.

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutan dan arahannya menyampaikan peringatan Harganas dan Han Kabupaten Nias tahun 2019,  meningkatkan kualitas keluarga dan kepedulian kita terhadap anak khususnya di Kabupaten Nias. Dengan Tema Harganas tahun ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pemicu bagi keluarga untuk dapat terus menerus meningkatkan ketahanan keluarga sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik.

Penting kita sadari bahwa kualitas keluarga menentukan kualitas manusia terutama generasi muda yang pada gilirannya menentukan kemajuan suatu bangsa atau suatu daerah, demikian juga dengan Tema HAN mengajak kita semua  untuk mengoptimalkan pola asuh keluarga untuk menciptakan anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air, ujarnya. (Faris Larosa/Wahyu_id).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!