Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Terhadap Kader Desa -

Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Terhadap Kader Desa

0
Spread the love

 

Tasikmalaya, Newssuaraindependent.id– UPT Kesehatan Kec. Karangnunggal melakukan penyuluhan sistem Reproduksi, CA SERVIC (Kangker SERVIC) dan hak anak di Puskesmas Rancamaya lantai dua, pada Kamis, (11/7/2019).

Tiap Desa menghadirkan 4 orang kadernya dari 14 Desa se-Keccamatan Karangnunggal.
Menurut keterangan Kepala Puskesmas Dadan Kusnanto, SKM. saat ditemui di ruang kerjanya,” sosialisasi ini untuk menindak lanjuti salah satu Program prioritas Dinas Kesehatan, yaitu meningkatkan kapasitas ke Ilmuan Kader Desa”. Anggaranpun sudah disiapkan dari Biaya Operasional Kesahatan ( BOK) langsung dari alokasi anggaran tahun 2019.

Dalam sosialisasi tersebut, dihadirkan para pemateri, diantaranya : Dr, H Lutfi Nurjaman, M.Kes, – Reni Yuniar, S.ST.(Kordinator Bidan),  dan Agus Susilo, S,Kep.Ners.(Programer).

Lanjut Dadan pula,  “ini merupakan salah satu pembekalan keilmuan Kesehatan Masyarakat secara berkesinambungan dan terstruktur. Dimana sasaran pertama adalah para kader di Desa, karena mereka adalah orang orang yang harus lebih dulu paham tentang kesehatan masyarakat di setiap daerahnya”.

Dengan demikian para Kader Desa harus dibekali pemaham tentang hal tetsebut, supaya mereka  mampu mengetahui dan mendeteksi dini gejala dan faktor penyebab   masalah kesehatan yang muncul di lingkungan masyarakatnya.

Dicontohkan Dadan, dan para Pemateri, secara spesifik. Ada dua hal yang harus diperhatikan setiap Kader: 1. mampu mengetahui dan mendeteksi dini dimulai dari tumbuh kembangnya anak, baik berat badan, tinggi badan, panca inderanya, bahkan psikologis/mentalnya. 2. Kader harus memperhatikan pula sang ibu agar tidak terlanjur terkena penyakit, dalam hal ini adalah kangker SERVIC. Pungkas Dadan. (Yat’S biro Tasik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!